-->

Ingin Laptop Tetap Awet. Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Ingin Laptop Tetap Awet. Hindari Kebiasaan Buruk Ini


 Laptop merupakan salah satu alat yang sangat berguna dan paling di butuhkan apalagi saat pandemi seperti ini. Banyak karyawan kantor bahkan mahasiswa di haruskan beraktivitas di dalam rumah. Untuk itu penggunaan laptop sangatlah penting dalam menunjang aktivitas mereka.


Berbicara soal alat elektronik, pastinya punya masa dimana alat tersebut mengalami kerusakan, tidak terkecuali laptop kita. Pada dasarnya usia laptop berkisar antara 3-5 tahun, sebelum akhirya akan rusak. Namun jika ingin usia laptop kalian panjang, maka hindari kebiasaanya buruk yang merusak laptop di bawah ini.


1. Hindari menaruh benda di atas laptop.


Kadang kita tanpa sengaja menaruh benda di atas laptop seperti buku atau benda lain yang cukup berat di atas laptop. Sebenarnya masalah ini sangat simpel namun memiliki efek jangka panjang yang bisa memperpendek umur laptop kalian.


Sering menaruh benda di atas laptop bisa menyebabkan kerusakan serius pada layar LCD laptop. Tidak hanya itu, kebiasaan ini bisa menggores bagian belakang monitor. Maka mulai dari sekarang hindari menaruh benda di atas laptop.


2. Menumpahkan minuman pada laptop.


Tidak nyaman rasanya bekerja di depan laptop tanpa di temani secangkir kopi atau minuman sejenisnya. Tapi taukah kalian, meletakkan segelas kopi di samping laptop merupakan kebiasaan buruk yang harus di hindari.


Ada masanya dimana kita tidak sengaja menyenggol segelas kopi tersebut sehingga tumpah dan mengenai laptop. Sangat di sayangkan bukan. Laptop yang seharusnya berusia panjang harus rusak karena keteledoran kita.


3. Menggunakan laptop di suhu panas.


Menggunakan laptop di luar ruangan memang sah-sah saja, toh memang laptop di rancang sangat simpel dan bisa di bawa kemana-mana untuk mendukung mobilitas kita. Namun yang jadi masalah ialah menggunakan laptop pada saat suhu panas atau di bawah panas matahari langsung.


Panas yang terperangkap di dalam laptop bisa menyebabkan kerusakan CPU, hard drive, video card dan baterai. Suhu yang aman untuk menggunakan laptop berada di kisaran 0-40°C. 


4. Menggunakan mode sleep terlalu lama tanpa di matikan.


Kebiasaan buruk yang bisa memperpendek umur laptop ialah menggunakan mode sleep terlalu lama. menggunakan mode sleep memang cukup membantu di saat kita ingin pergi sebentar untuk meggunakannya lagi.


Usahakan menggunakan mode sleep sesering mungkin, karena meninggalkan laptop dalam mode sleep bisa merusak daya tahan dan umur baterai. Selain itu, terlalu lama membiarkan laptop dalam mode sleep juga bisa merusak motherboard.


5. Membawa laptop tanpa tas kusus.


Masalah yang terakhir ini juga sangat sepele tapi memberikan dampak yang besar bagi umur laptop. Jika ingin membawa laptop berpergian gunakanlah tas kusus laptop. Tas laptop sangatlah berbeda dari tas pada umumnya, karena di dalam tas laptop terdapat perlindungan khusus laptop untuk mencegah goncangan, benturan dan bantingan.


Jika kita menggunakani tas biasa dan tercampur oleh benda lainnya sangatlah berbahaya bagi laptop. Hindari kebiasan buruk di atas agar laptop kalian tetap awet hingga masanya. Demikian informasi yang bisa kami bagikan semoga memberikan manfaat dan wawasan. Sampai bertemu pada artikel selanjutnya.