-->

Belajar Laptop, Cara Merawat Hardisk Internal Dan Eksternal Laptop Agar Lebih Awet

Belajar Laptop, Cara Merawat Hardisk Internal Dan Eksternal Laptop

Hardisk merupakan tempat penyimpanan data terbesar pada laptop kita. Menggunakan penyimpanan hardisk yang berlebihan dapat berdampak buruk pada umur sebuah hardisk. Agar hal tersebut tidak terjadi hal yang harus kita lakukan adalah menjaga dan merawat hardisk yang kita miliki agar lebih awet dan kinerja tidak menurun.

Merawat sebuah hardisk adalah hal yang mendasar dari belajar sebuah laptop atau PC. Karena dari hal kecil seperti merawat hardisk kita bisa memaksimalkan kinerja laptop kita, apalagi laptop yang kita gunakan belum memakai SSD.

Langsung saja kita ke pokok pembahasan, bagaimana sih cara merawat sebuah hardisk agar lebih awet dan tidak mengurangi kinerja sebuah laptop.

Cara Merawat Hardisk Internal.
Cara merawat Hardisk Internal.

Pembahasan pertama kita mulai dari cara merawat hardisk internal laptop. Seperti yang kita hardisk internal pada sebuah laptop sangat riskan sekali mengalami kerusakan. Karena kinerjanya cukup berat. Selain untuk menyimpan file, gambar dan juga video kita hardisk internal juga menyimpan software yang telah kita install.

Karena itulah kita wajib menjaga hardisk internal agar tetap dalam kondisi prima. Lalu bagaimana cara kita merawat hardisk internal agar tetap awet.

1. Hindari penggunaan partisi berlebihan.

Pada umumnya hardisk memiliki 2 partisi yakni partisi C dan partisi D. Namun tidak sedikit orang yang merubah dan membagi partisi lebih dari 2 partisi. Hal itu bisa menurunkan kinerja dari hardisk internal laptop kita.

Saran saya jika terpaksa harus membuat partisi lebih dari yang saya sebutkan diatas, cukup dengan 3 partisi saja yakni C untuk sistem, D untuk menyimpan file kerja, dan E untuk menyimpan program.

2. Defrag Hardisk.

Fragmentasi hardisk adalah cara merawat hardisk internal yang harus kalian lakukan. Mengapa kita harus melakukan fragmentasi hardisk?. ketika penyimpanan pada hardisk kalian terlalu banyak maka kinerja dari hardisk pastinya akan menurun.

Untuk melakukan fragmentasi atau Defrag kalian bisa menggunakan software bawaan windows, atau juga bisa menggunakan software pihak ketiga seperti ultradefrag. Untuk waktu defrag tergantung dari banyaknya file yang tersimpan dalam hardisk, jika penyimpanan hardisk kalian banyak, otomatis waktu defrag juga akan lama.

Manfaat defrag. Selain meningkatkan proses read and write hardisk defrag juga akan membuat hardisk kalian lebih awet.

3. Hindari Laptop Dari Guncangan.

Cara merawat hardisk selanjutnya adalah, menjaga laptop dari guncangan. Hardisk berbeda dengan SSD, Karena hardisk tergolong teknologi lama. Dalam sebuah hardisk terdapat sebuah piringan yang berputar sangat cepat.

Jika kalian sedang membawa laptop keluar rumah dan menaruhnya di sebuah tas atau ransel, sebisa mungkin hindari dari guncangan berlebihan. Karena selain bisa berakibat buruk pada komponen-komponen laptop lainnya, hal itu juga berdampak buruk untuk hardisk.

4. Mematikan Laptop Yang Benar.

Hal yang sepele namun berdapak besar. Hal itulah yang terjadi jika kita mematikan laptop dengan asal-asalan. jangan mematikan laptop secara mendadak. karena hal ini mengganggu kinerja dari hardisk. Matikanlah laptop melalui menu shutdown jangan mematikan dengan menekan langsung tombol power pada laptop.

Selain itu, saat men-shutdown laptop tunggu sampai laptop benar-benar mati, jangan menutup laptop saat masih dalam keadaan menyala.

5. Perhatikan Suhu Hardisk.

Menjaga suhu hardisk adalah salah satu cara merawat hardisk agar lebih awet. Untuk memantau suhu hardisk, kalian bisa menggunakan program HDD temperatur atau PC wizard. jagalah suhu hardisk agar tetap stabil ketika di gunakan.



Cara Merawat Hardisk Eksternal.

Cara Merawat Hardisk Eksternal.

Pernah tidak saat kalian menancapkan hardisk eksternal ke sebuah laptop atau PC, muncul jendela pemberitahuan perintah format?. Jika pernah, berarti hardisk eksternal kalian mulai mengalami kerusakan. Hardisk eksternal cukup mahal harganya, maka dari itu, menjaga hardisk agar tetap awet adalah solusinya.

Lakukan cara di bawah ini untuk menjaga hardisk eksternal kalian lebih awet agar tidak membeli hardisk baru.

1. Gunakan Cara Aman Ketika Melepas Hardisk Eksternal Dari PC.

Banyak orang ketika mencabut flashdisk bahkan hardisk eksternal dari laptop atau PC secara sembarangan. Padahal hal tersebut sangat fatal sekali akibatnya. Gunakanlah metode yang aman untuk melepas hardisk dari laptop dengan fitur Save remove hardware. Dengan cara tersebut kalian bisa meminimalisir kerusakan dari hardisk eksternal.

2. Hindarkan Penempatan Hardisk Dari Tempat Rawan Gerakan.

Untuk cara merawat hardisk Eksternal yang kedua adalah masalah penempatan atau penyimpanan. Simpanlah hardisk di tempat yang stabil. selain itu pastikan tempat penyimpana hardisk memiliki suhu yang stabil, tidak panas juga tidak terlalu lembab.

Dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti ini bisa membuat hardisk kalian lebih awet untuk di gunakan pada jangka panjang.

3. Defrag Hardisk Eksternal.

Tidak hanya pada hardisk internal saja. Lakukan defrag yang sama pada hardisk eksternal. Seperti yang saya jelaskan di atas. Defrag hardisk dapat menigkatkan proses read and write hardisk. Jika ingin hardisk kalian lebih awet defrag hardisk wajib di lakukan.

4. Jauhkan Dari Benda Bermagnet.

Selama hardisk memakai komponen mekanik, maka hardisk rentan gerakan paksa. Sebuah magnet umumnya dapat secara paksa menarik komponen mekanik dalam hardisk. Hal ini  dapat merusak sistem kerja dari sebuah hardisk. Maka dari itu jauhkan hardisk dari benda bermagnet untuk menjaga agar hardisk tidak cepat rusak.

5. Gunakan Kabel Y Agar Hardisk Mendapat Pasokan Listrik Yang Baik.

Memang menggunakan kabel Y cukup merepotkan. Namun tidak selamanya begitu, di balik itu kabel jenis ini paling aman untuk di gunakan saat menancapkan Hardisk eksternal ke sebuah laptop atau PC. Dengan menggunakan kabel Y, hardisk kalian tidak akan kekurangan pasokan listrik.

Seperti yang kita ketahui jika hardisk eksternal kekurangan pasokan listrik maka hal itu akan memperpendek umur hardisk tersebut. Jadi menggunakan kabel Y adalah cara yang aman untuk menjaga agar hardisk kalian tidak kekurangan pasokan listrik.


Silahkan kalian terapkan cara merawat hardisk internal dan eksternal laptop diatas. Setelah kalian menerapkan cara diatas dapat di pastikan hardisk yang kalian gunakan akan lebih awet dan tahan lama untuk di gunakan sehari. Jangan lupa share artikel ini jika memberikan manfaat.