-->

Tutorial Cara Mudah Menonaktifkan Keyboard Laptop

Tutorial Cara Mudah Menonaktifkan Keyboard Laptop


Setelah sebelumnya saya membuat artikel  tentang Beginilah Cara Mudah Mematikan Laptop Dengan Menggunakan Keyboard, sekarang saya akan memberikan tutorial cara mudah menonaktifkan keyboard laptop. Keyboard merupakan hardware yang cukup penting dalam sebuah laptop maupun notebook.

Keyboard membantu kita untuk mengetik kata bahkan kaliamat pada sebuah laptop. Banyak permasalahan yang terjadi pada keyboard mulai dari keyboard laptop terkunci, atau bahkan mengalami error dengan menekan tombol sendiri yang hasilnya muncul ketikan huruh tertentu yang sangat panjang.

Tentunya hal tersebut sangat menggangu dalam kegiatan kita mengetik suatu huruf atau kalimat.  Jika kerusakan pada keyboard laptop hanya sebatas tidak berfungsi beberapa tombol saja itu tidak menjadi masalah. Namun apa jadinya kalau kerusakan keyboard cukup parah dan menimbulkan error seperti yang saya sebutkan di atas.

Jika kerusakan pada laptop atau notebook cukup parah, tindakan yang harus di lakukan adalah menggati dengan keyboard yang baru. Namun hal itu cukup sukar untuk di lakukan, mengingat harga keyboard untuk laptop cukup mahal, belum lagi membayar jasa tukang servis untuk membantu memasangnya.

Lalu apa solusi yang tepat jika keyboard yang kita gunakan mengalami error yang cukup parah. Untuk sementara hal yang perlu kita lakukan adalah menonakifkan sementara keyboard laptop dan menggantinya dengan keyboard Eksternal. Untuk keyboard harga Eksternal sendiri cukup murah. Kalian bisa mencarinya via online atau di toko komputer dekat ruma kalian.
Sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana menonaktifkan keyboard laptop yang error. Caranya cukup mudah kalian bisa melihat tutorialnya di bawah ini.

1. klik tombol Windows. Selanjutnya Klik kanan pada Computer dan pilih Properties.  Setelah itu klik Device manager.

2. Pada jendela Device manager, klik segitiga sebelah tulisan Keyboard. Maka akan muncul detail driver keyboard seperti gambar di bawah ini.

Menonaktifkan keyboard laptop

3. Selanjutnya klik kanan pada Standard Ps/2 Keyboard kemudian pilih Update Driver Software.

Menonaktifkan keyboard laptop

4. Maka akan muncul jendela baru, lalu pilih Browse my computer for driver software. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas.

Menonaktifkan keyboard laptop

5. Langkah berikutnya klik pada tulisan Let me pick a list of device driver on my computer. Lalu klik Next.
Menonaktifkan keyboard laptop

6. Hilangkan tanda contreng pada Show compatible hardware dan pilih salah satu driver yang TIDAK SESUAI/INCOMPATIBLE dengan laptop kalian.  Maksudnya driver yang tidak sesuai adalah. Jika laptop yang kalian gunakan Asus maka jangan install driver Asus, melainkan install driver acer atau fujitsu misalnya. Sebagai contoh lihat gambar di bawah saya menginstall driver dari fujitsu. Lalu klik Next.
Menonaktifkan keyboard laptop

7. Maka akan muncul pop-up pemberitahuan kalau driver yang kalian install tidak Compatible dengan perangkat yang terpasang. Hiraukan saja lalu klik Yes.

Menonaktifkan keyboard laptop

8. Selajutnya muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini, klik Close.

Menonaktifkan keyboard laptop

9. Nah jika Windows menyarankan untuk restart maka restart saja. Jangan lupa untuk memasang keyboard eksternal karena keyboard laptop sudah tidak berfungsi.

Mudah sekali bukan cara menonaktifkan keyboard laptop. Sekian dulu artikel dari saya semoga memberikan manfaat, dan jangan lup share artikel ini jika memberikan manfaat.