-->

Cara Mengatasi FPS Drop Android Saat Bermain Game

Cara Mengatasi FPS Drop Android Saat Bermain Game


Cara mengatasi fps drop android saat bermain game - Frame Per Second atau yang biasa di singkat FPS merupakan istilah dari banyak frame yang bisa dihasilkan oleh sebuah perangkat pada tiap detiknya di sebuah game.

Semakin tinggi atau semakin banyak fps yang di hasilkan, maka gerakan karakter dari suatu game akan semakin smooth dan lancar. Lain cerita jika fps pada suatu game drop, maka tentu saja gambar yang di hasilkan akan terlihat patah-patah atau lag.


Tips mengatasi drop fps saat bermain game android.


Drop fps biasanya terjadi karena hp yang kita gunakan sudah tidak kuat lagi menjalankan game tersebut. Namun tidak jarang ada faktor lain yang menyebabkan fps pada suatu game menjadi drop. Jika mengalami masalah tersebut, kalian bisa mencoba cara di bawah ini untuk mengatasinya.


1. Setting grafik pada game.

Cara mengatasi fps drop android saat bermain game yang pertama adalah setting grafik sesuai kemampuan hp yang kalian gunakan. Tidak jarang, game-game berat seperti PUBG memang terasa berat saat di jalangkan pada hp mid-end. Namun bukan berarti tidak bisa.

Ubah settingan pada game yang di rasa berat saat di jalankan. Meskipun terlihat sepele, cara ini sangat efektif untuk mengurangi lag atau patah-patah saat bermain game tersebut.


2. Menggunakan aplikasi game booster.

Game booster merupakan aplikasi pihak ketiga yang sangat membatu dalam meningkatkan kinerja hp saat bermain game. tidak hanya itu, jika kalian mengalami masalah drop fps, kalian bisa mencoba menggunakan game booster untuk mengatasinya.

Jika kalian bingung memilih game booster, silahkan simak rekomendaasi aplikasi game booster android terbaik


3. Aktifkan fitur Force GPU rendering.

Cara mengatasi drop fps selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Force GPU rendering. Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama-tama kaian harus memunculkan menu developer options di menu settings Android. Caranya sebagai berikut.

Silahkan kalian masuk ke Settings. Lalu pilih About Phone, dan sentuh Build number informasi ROM sebanyak 3 kali – 7 kali hingga muncul tulisan “Your are now a developer!”.

Jika sudah langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Force GPU rendering. Caranya sebagai berikut. Masuk ke Settings, lalu pilih Developer options dan Aktifkan Force GPU rendering.


4. Hapus aplikasi yang tidak di gunakan.

Menghapus aplikasi yang tidak di gunakan merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam mencegah terjadi drop fps saat bermain game. Selain membuat memori internel menjadi lega, menghapus aplikasi yang tidak di gunakan juga membantu RAM agar tidak terlalu penuh.


Demikian informasi yang bisa kami bagikan. Semoga dengan mengikuti cara di atas akan membatu kalian mengatasi fps drop android saat bermain game. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.