-->

Tips Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Android Tanpa Menghapus Aplikasi

Tips Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Android Tanpa Menghapus Aplikasi


Semakin banyak aplikasi yang kita install tentunya membuat memori penyimpanan akan semakin menipis. Apalagi Smartphone yang kita gunakan adalah iPhone atau smartphone yang memiliki memori internal sedikit sehingga notifikasi ruang penyimpanan hampir habis terus saja muncul pada status bar Hp kita.


Tidak hanya itu, semakin lama aplikasi pada android akan terus mengalami perubahan dan update terbaru yang tentunya hal itu akan menambah jumlah size-ukuran aplikasi tersebut yang berdampak pada ruang penyimpanan kita. Pada kesesmpatan ini, kami akan memberikan tips cara mnegosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi.


1. Menghapus Cache aplikasi.


Seperti yang kita tau, Cache merupakan data sementara yang di simpan saat kita sedang menggunakan aplikasi tersebut. Pada saat kita menginstall sebuah aplikasi, maka kita juga akan mendapatkan file data Cache pada memori internal. Jika kita sering menggunakan aplikasi maka secara otomatis Chace dari data aplikasi tersebut akan terus menumpuk dan akhirnya akan membebani ruang penyimpanan android kita.


Untuk itu, membersihkan Cache bisa membatu meringankan ruang penyimpanan kita. Untuk menghapus Cache, caranya ialah masuk ke menu pengaturan > pilih aplikasi yang akan di hapus Cachenya > Lalu pilih bersihkan Cache.


2. Memindahkan Aplikasi Ke Penimpanan Eksternal.


Memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal merupakan cara yang cukup efisien untuk mengosongkan ruang penyimpanan android kita. Tapi tidak semua aplikasi bisa kita pindahkan ke memeri eksternal. Jadi kita harus memilih aplikasi yang bisa di pindahkan. Untuk cara memindahkannya sebagai berikut.


  • Pertama, buka menu "Pengaturan".
  • Kemudian pilih "Pengaturan Tambahan> Manajemen Aplikasi> diinstal".
  • Kemudian cari "nama aplikasi" setelah itu ketuk "Pindah ke SD Card".


3. Memindafkan Foto,Musik Dan Video Ke Memori Eksternal


Selain memindahkan aplikasi, memindafkan file seperti foto,musik, dan video juga sangat ampuh untuk mengosongkan ruang penyimpanan kita. Pasti kalian sudah tau cara untuk memindahkan file tersebut. Tapi bagi yang belum mengerti, silahkan ikuti caranya di bawah ini.


  • Buka "File Manager".
  • Buka folder yang digunakan untuk menyimpan foto, musik, dan video seperti "Galeri".
  • Kemudian pilih foto atau file yang ingin di pindahkan.
  • Pilih opsi "Move (Pindah)" atau "Copy (Salin)".
  • Kemudian "paste" ke folder penyimpanan di kartu SD.


4. Gunakan Aplikasi Lite.


Menggunakan aplikasi dengan embel-embel "Lite" juga sangat membantu untuk mengosongkan ruang penyimpanan andorid kita. Sekarang banyak pengembang membuat versi lite pada aplikasi mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar. Misalnya, ada Lite YouTube, Facebook Lite, Line Lite, dan banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi "Lite" tersebut membantu kita untuk lebih menghemat ruang penyimpanan untuk hal lain yang lebih penting.


5. Mengatur Penyimpana Hasil Kamera Ke Memori Eksternal.


Biasanya hasil jepretan dari kamera kita masuk ke memori internal. Tanpa kita sadari lama kelamaan memori internal kita akan habis. Apalagi bagi kalian yang hobi atau sering mem-foto menggunakan kamera ponsel. Untuk itu mengatur penyimpanan hasil foto sangat penting agar kita tidak memindahkan secara manual lagi. Untuk caranya sebagai berikut. 


  • Pertama buka aplikasi "Kamera".
  • Temukan "Ikon Gear" lalu ketuk ikon tersebut.
  • Selanjutnya temukan menu "Lokasi Penyimpanan> SD".


Demikian tips cara mengosongkan ruang penyimpanan android tanpa menghapus aplikasi. Kalian bisa memilih salah satu cara di atas, atau lebih baik lakukan semuanya agar ruang penyimpanan kalian lebih banyak.