-->

Di Balik Resikonya, Inilah Manfaat Dan Keuntungan Rooting Android

Di Balik Resikonya, Inilah Manfaat Dan Keuntungan Rooting Android


Bagi kalian pengguna ponsel android, pastinya pernah mendengar istilah Root. Rooting adala istilah dimana pengguna Smartphone Android mengutak-atik sistem untuk mendapatkan akses penuh pada Android.


Namun Rooting memiliki kerugian jika pada prosesnya terjadi kendala atau kegagalan. Smartphone Android bisa mengalami Bootlop atau yang lebih parahnya tidak bisa menyala sama sekali. Kerugian itulah yang menjadi alasan banyak orang tidak melakukan proses Rooting.


Tapi di balik kerugiannya, Rooting Android menawarkan sejumlah keuntungan, terutama untuk mereka yang ingin meningkatkan pengalaman dalam menggunakan HP Android mereka. Lalu keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan jika Android kita sudah di Root.


1. Costum ROM.


custom ROM Ini pada dasarnya masih merupakan OS Android namun dengan UI yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Costum ROM sangat cocok bagi kalian yang bosan dengan tampilan Android Stock.


Costum ROM terkenal diantaranya adalah LineageOS, Paranoid Android dan OmniROM. Pada dasarnya, custom ROM tidak hanya menghadirkan penampilan yang lebih segar saja, namun juga pembaruan berkala dan fitur yang tidak dapat ditemukan di OS/ROM non-custom.


2. Overclocking.


Overclocking tidak hanya bisa di lakukan pada perangkat komputer saja. Salah satu keuntungan melakukan Rooting pada perangkat Android, kalian bisa melakukan Overclocking. Seperti yang kita tau, Overclocking bisa meningkatkat kinerja dari chipset agar performa Smartphone Android semakin meningkat.


Tidak hanya menaikkan performa chipset saja, bagi kalian yang mungkin lebih tertarik ke menghemat baterai dan tidak begitu peduli dengan performa ngebut, kalian bisa memilih opsi underclocking. 


3. Menghapus Aplikasi Bawaan/Bloatware.


Seperti yang kita tau Bloatware atau yang biasa kita sebut aplikasi bawaan tidak bisa di hapus. Untuk itu, salah satu alasan orang melakukan Rooting pada Smartphone mereka adalah untuk menyingkirkan Bloatware yang tidak perlu.


Selain memakan cukup banyak penyimpanan terutama untuk HP dengan penyimpanan kecil, bloatware juga cukup mengganggu kinerja RAM smartphone kalau di biarkan berjalan di latar belakang.


4. Bebas Install Aplikasi Dan Game Yang Tidak Ada Di PlayStore.


Seperti yang kami jelaskan di atas, Melakukan Root artiya kalian sudah memiliki hak penuh atas semua hal yang ada di Smartphone kalian. Dengan begitu, kalian bisa menginstal aplikasi yang tidak ada di Play Store, yang biasanya membutuhkan izin Root dan tidak bisa digunakan di smartphone belum Root.


Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan izin Root, biasanya menawarkan pengalaman Android yang lebih baik seperti kemampuan untukmengatur frekuensi CPU (via Kernel Manager), mengontrol audio secara spesifik (lewat Viper4Android) dan masih banyak lagi.


5. Bebas Mengkostumisasi Penampilan UI Smartphone.


Bosan dengan Tampilan Android yang itu-itu saja. Dengan melakukan Rooting, kalian bebas untuk mengkostumisasi tampilan dari Smartphone kalian. Sebenarnya mengkostumisasi tampilan bisa hanya dengan memakai louncher pihak ketiga seperti Nova dan Apex.


Namun Umumnya launcher tersebut membutuhkan Root untuk bisa mengakses file penting yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan tema di sejumlah bagian, seperti font dan logo aplikasi.


Tapi ingat di balik keuntungannya, melakukan Rooting Android juga cukup beresiko bagi smartphone kalian. Jadi bijaklah dalam menentukan sesuatau. Demikian informasi yang bisa kami bagikan semoga memberi manfaat dan wawasan.