-->

Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet

Kuota  Internet merupakan hal yang harus kalian punya jika kalian menggunakan smartphone. Pasalnya, tanpa adanya kuota internet, smartphone kalian seperti tidak ada nyawanya. Karena kuota internet adalah nyawa kedua dari smartphone.

Mungkin bagi orang yang berduit membeli kuota internet bukanlah hal  yang perlu di perhitungkan. Namun baggaimana dengan kita yang punya uang pas-pasan dan ingin menghemat kuota agar keperluan yang lain bisa tercukupi.

Pada postingan ini kami ingin memberikan informasi tentang Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet. Agar kalian lebih bebas berselancar di dunia maya tanpa takut kuota internet kalian cepat habis.

1. Matikan GPS/Maps Saat Tidak Digunakan.

Mematikan GPS adalah cara yang sangat ampuh jika kalian ingin menghemat kuota internet kalian. Karena GPS atau maps cukup banyak menguras kuota internet kalian. Selain kuotan internet kalian lebih hemat, penggunaan baterai dari ponsel kalian juga akan lebih hemat.

2. Pilih Browser Yang Lebih Efisien.

Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet selanjutnya adalah memilih browser yang pas. Browser merupakan sarana atau alat utama kita saat kita akan berselancar di dunia maya. Kita bisa mencari apapun lewat aplikasi ini.

Tapi harus kalian tau, memilih aplikasi browser yang tepat akan menghemat kuota internet. Browser yang banyak menghabiskan kuota internet biasanya browser bawaan dari smartphone tersebut. Maka saran kami, pilihlah browser dengan fitur penghemat kuota seperti UC browser.

3. Membatasi Data Internet.

Adakala kita sedang asik berselancar di internet atau melihat video di youtube tanpa sadar kita menghabiskan kuota internet kita. Dari situlah kita cenderung memakai internet berlebihan sampai operator internet yang kita gunakan memberikan kabar kalau kuota kita sudah habis.

Membatasi data internet adalah hal yang sangat tepat jika hal itu sering terjadi. Karena dengan membatasi data internet, kita akan punya pemberitahuan kalau kita sudah melewati batas kuota internet yang kita tentukan.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Masuk menu Setting pada smartphone kalian > pilih Data Usage > Set Mobile Data Limit. 
Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet


4. Periksa Aplikasi Boros Kuota.

Banyak aplikasi pada smartphone mungkin bisa memperburuk dari kinerja smartphone itu sendiri. Atau yang lebih merugikan lagi kalau aplikasi yang kita install tersebut ternyata boros kuota. Karena tanpa kita sadari berjalan pada latar belakang.

Selalu memeriksa aplikasi boros kuota bisa menjadi solusi agar kuota kalian lebih hemat. Buka Setting pada smartphone kalian > pilih Data Usage lalu scroll ke bawah, maka aplikasi boros kuota akan terlihat. Uninstall aplikasi yang sekiranya tidak kalian pakai.

5. Batasi Update Otomatis Pada Google PlayStore.

Tanpa kita sadari, sering aplikasi pada smartphone kita melakukan update otomatis di Google PlayStore. Apalagi kalau aplikasi yang minta pembaharuan jumlahnya puluhan. Pastinya kuota kita akan menjerit.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menangani hal itu adalah melakukan pembatasan pada Google PlayStore untuk mengizinkan untuk update aplikasi hanya melalui WIFI. Caranya masuk menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.
Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet


Itulah beberapa Tips Pintar Cara Menghemat Kuota Internet yang bisa kalian aplikasikan langsung pada smartphone kalian. Semoga Tips ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui sosial media yang di sediakan.