-->

10 Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Windows 7 merupakan OS yang cukup lama, meskipun sekarang sudah jamannya OS terbaru yakni Windows 10, namun tidak sedikit orang yang masih setia menggunakan OS ini. Hal itu mungkin di karenakan banyak orang malas untuk mengupgrade OS laptop mereka atau bisa jadi sudah nyaman menggunakan Windos 7 ini.

Windows 7 memang terbilang cukup ringan di bandingkan dengan Windows8,10 dan lainnya. Hal itu juga yang membuat pengguna merasa nyaman dan enggan mengupgrade OS mereka. Nah jika Windows 7 kalian merasa kurang menigkat dari segi performa, kalian bisa mencoba trik yang akan saya bagikan kali ini agar Windows 7 kalian performanya lebih meningkat.

Untuk menigkatkan performa laptop, salah satu hal yang harus di lakukan adalah menigkatkan kinerja dari Windows 7. ikuti trik berikut ini.

1. Mematikan Fitur Aero Snap.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Trik yang pertama untuk mempercepat kinerja Windows 7 adalah mematikan fitur aero snap. Untuk Caranya, klik Strat > arahkan kursor dan klik control panel > lalu Pilih ease of acces > kemudian klik ease of acces center > selanjutnya klik Make the mouse easier to use. 

Berikan tanda contreng pada tulisan “Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen” > kemudian Klik OK. Lihat pada gambar di atas.

2. Matikan Visual Efek.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Visual efek membuat tampilan Windows 7 kita nampak lebih cantik. Tetapi visual efek yang tidak penting dapat menghambat kinerja dari Windows 7. Maka dari itu lebih baik visual efek yang tidak penting. Cara mematikan visual efek cukup mudah.

Pertama kalian Klik Start > lalu klik kanan pada Computer > kemudian klik properties > dan klik Advance system setting -> pilih tab advanced -> nah pada bagian performance anda klik setting.

Selanjutnya pada bagian Visual efek anda pilih adjust for best performance -> setelah itu klik OK. Dengan ini kinerja Windows 7 kalian bisa lebih meningkat.

3. Matikan aero shake.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop


jika salah satu window yang aktif kalian gerak-gerakkan, maka secara otomatis jendela yang lainnya akan di minimize. Itulah fitur dari aero shake ini. Perlu kalian ketahui, Aero shake dapat memperlambat kinerja dari Windows 7 kalian. Maka dari itu fitur ini sebaiknya kalian matikan untuk mendapatkan performa dari Windows 7 yang maksimal.

Caranya Klik Start > setelah itu ketik “gpedit.msc” lalu enter. Maka akan muncul jendela seperti gambar di atas. Selanjutnya Klik User Configuration > Klik administrative template > klik desktop > Pada jendela bagian kanan kalian klik dua kali di “turn off aero shake windows minimizing mouse gesture” > Jika sudah pilih enable > lalu klik OK.

4. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan Pada Laptop.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Mematikan Aplikasi yang tidak di perlukan merupakan cara yang tepat jika ingin Laptop dan Windows 7 kalian mempunyai performa yang meningkat. Untuk Caranya,

Klik Start > ketik “msconfig”. kemudian tekan enter > lalu llik tab startup > kemudian uncheck atau hilangkan tanda centang aplikasi yang tidak diperlukan pada saat komputer melakukan startup. Klik OK.

5.  Menambah RAM Pada Laptop.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Selain meingkatkan performa laptop. Menambahkan RAM juga dapat mempercepat kinerja dari Windos 7 sendiri. Untuk ukuran RAM yang ideal untuk Windows 7 32-bit adalah 2GB sedangkan untuk versi 64-bit adalah 4GB. Jika kapasitas RAM laptop kalian di bawah itu, kalian wajib untuk menambahkan RAM pada laptop kalian agar mendapat performa terbaik dari Windows 7.

6. Matikan Gadgets.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Terlalu banyak Gadgets pada dekstop bisa membuat Windows 7 kalian lambat. Meskipun tidak terlalu besar pengaruhnya. Tidak ada salahnya kita mematikan Gadgets yang tidak perlu agar Windows 7 kita lebih ringan.

Untuk caranya, ketik “gadget” di kolom pencarian Start Menu, kemudian pilih “View list of running gadgets”. Setelah itu, hapuslah berbagai macam gadget yang tidak perlukan.

7. Defrag Hardisk.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop


Seperti artikel saya sebelumnya tentang Cara Merawat Hardisk Internal Dan Eksternal Laptop Agar Lebih Awet, Defrag hardisk juga bisa membatu untuk menigkatkan kinerja dari Windows 7 yang kalian gunakan. Jadi rutinlah untuk melakukan Defrag pada hardisk. Selain untuk merawat hardisk, Defrag hardisk juga bisa mempercepat kinerja Windows 7.

8. Uninstall Bloataware.

Bloatware adalah sebuah software yang sebenarnya sudah ada saat kalian membeli laptop yang terinstall windows 7 pertama kali. Namun banyak sekali Bloatware yang tidak perlu dan tidak di gunakan. Maka dari itu, uninstall bloatware menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat kinerja Windows 7.

Untuk caranya silahkan kalian klik Start Menu > Control Panel > Uninstall or change program, lalu uninstall software yang tidak digunakan.

9. Matikan Search Indexing.
Trik Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Selanjutnya matikan Search Indexing. Search Indexing adalah fitur Windows 7 untuk mengindeks berbagai entri yang ada pada laptop kalian. Dengan fitur ini kalian bisa mencari file yang ada pada laptop kalian dengan cepat. Tetapi jika kalian jarang memakai fitur ini, sebaiknya fitur ini dimatikan agar tidak mengganggu kinerja laptop kalian.

Caranya, ketik “index” di Start Menu. maka akan ada jendela baru yang muncul lalu klik Modify dan hilangkan ceklis pada berbagai lokasi indexing yang ditampilkan.

10. Ubah Power Setting.

Yang terakhir ubah power setting pada windows 7 kalian. Jika laptop kalian terhubung dengan listrik, maka pilihlah opsi High Performance. Opsi ini tentunya akan mempercepat kinerja dari windows 7 kalian. Namun jika laptop kalian tidak sedang terhubung ke listrik sebaiknya jangan gunakan fitur ini, karena akan mempercepat habisnya baterai laptop kalian.

Nah itulah 10 trik cara mempercepat kinerja windows 7 untuk menigkatkan performa laptop kalian. Silahkan praktekkan cara di atas, agar Windows 7 yang kalian gunakan mempunyai performa yang baik dan cepat. Jangan lupa share artikel ini jika memberikan manfaat.