-->

Tips Cara Format Flashdisk Di Android Dengan Menggunakan OTG

Tips Cara Format Flashdisk Di Android Dengan Menggunakan OTG


Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang sering di gunakan oleh banyak orang. Banyak Manfaat dan kegunaan benda kecil ini, di antaranya untuk penyimpanan file penting, gambar, video dan lain-lain.


Tapi bagaimana kalau flashdisk yang kita gunakan error dan tidak bisa di gunakan. Sebenarnya banyak cara untuk memperbaiki flashdisk yang error, salah satunya adalah dengan melakukan format flashdisk. Untuk cara ini, pastikan kalian sudah membackup file penting dari flashdisk yang akan kalian format.


Nah masalahnya bagaimana kalau kita tidak punya komputer atau laptop. atau mungkin laptop kita sedang di pinjam oleh teman. Tenang saja, untuk melakukan format pada flashdisk tidak hanya bisa di lakukan melalui laptop atau komputer saja. Adapun cara untuk memformat flashdisk melalui android dengan menggunakan OTG. Caranya pun terbilang sangat simpel.


Untuk cara format flashdisk di android dengan menggunakan OTG, pastikan dulu android kalian sudah support USB OTG. Jika sudah, silahkan simak caranya di bawah ini.



1. Pastinya siapkan USB OTG serta flashdisk yang hendak di format serta HP android. 

2. Selanjutnya, pasang flashdisk ke port Hp android menggunakan USB OTG. Tunggu sebentar sampai pesan muncul bahwa flashdisk terdeteksi oleh ponsel kalian.

3. Kemudian masuk ke menu Pengaturan.

4. Lalu cari menu penyimpanan di bagian Pengaturan Sistem.

5. Selanjutya cari "drive USB (merek FlashDisk kalian)" dan pilih Clean USB Storage to Format pada flashdisk.

6. Maka kalian akan masuk ke bagian format sebagai penyimpanan portabel. pada tab ini juga ada peringatan bahwa semua data pada flashdisk akan dihapus tanpa kecuali. Pastikan untuk backup data penting terlebih dahulu jika kalian tidak ingin kehilangan file penting. selanjutnya pilih Hapus & Format dan tunggu sampai proses format flashdisk selesai.



Bagaimana, mudah bukan cara format flashdisk di android dengan menggunakan OTG. Semoga informasi kali ini bermanfaat. Jangan lupa share jika informasi ini memberikan wawasan baru untuk kalian.