-->

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Mikrofon pada sebuah smartphone memang jarang di perhatikan oleh pabrik pembuat ponsel. Mereka lebih mengutamakan kinerja smartphone atau yang lagi gencar-gencarnya akhir-akhir ini brand ternama pembuat ponsel lebih mengutamakan kecanggihan kamera.

Bagi sebagian orang, mikrofon smartphone memang tidak terlalu di permasalahkan. Tapi hal itu berbeda kalau kalian gemar membuat video menggunakan smartphone. Apalagi bagi kalian konten kreator YouTube, mikrofon sangat berpengaruh pada kualitas suara video yang di hasilkan.

Menggunakan mikrofon eksternal merupakan solusi paling jitu agar suara dari video yaang di hasilkan menggunakan smartphone jauh lebih bagus dan jernih. Jika kalian bingung untuk memilih sebuah mikrofon smartphone terbaik, kami punya beberapa daftarnya di bawah ini.

1. Mamen Mic-06.

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Mamen Mic-06 adalah jenis mikrofon shotgun yang dapat menangkap suara yang berasal dari satu arah. Selain itu mikrofon ini juga dilengkapi dengan windscreen yang dapat meredam suara bising dari angin, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus dan jernih.

Selain itu, untuk lebih menghindari kebisingan dari luar yang tidak di inginkan. Mamen Mic-06 juga di lengkapi dengan dua jenis windshield tambahan, yaitu cotton windshield dan artificial rabbit hair windshield.

2. Dayton Audio iMM-6.

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Meski bentuknya kecil, Dayton Audio iMM-6 nyatanya merupakan mikrofon eksternal smartphone yang cukup bagus untuk membantu kalian memfilter kebisingan saat merekam video. iMM-6 sendiri adalah mikrofon kondensor presisi dengan headphone atau saluran keluar untuk menguji sinyal.

Berbeda dari Mamen Mic-06. Berkat pola omnidirectional Dayton Audio iMM-6 bisa menangkap suara dari berbagai arah.

3. Rode SmartLav+.

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus


Rode SmartLav+ merupakan jenis mikrofon smartphone yang cukup simpel untuk di gunakan. Mikropon ini berbentuk clip-on, sehingga bisa di jepitkan pada pakaian. Jenis mikrofon ini banyak di gunakan oleh konten kreator dalam membuat video.

Meski bentuknya kecil, Rode SmartLav+ Dilengkapi dengan foam pop shield, Rode SmartLav+ ini mampu meminimalisir suara angin dan bunyi letupan udara.

4. BOYA BY-MM1.


7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Mikrofon smrtphone selajutnya adalah BOYA BY-MM1. Mikrofon ini di tujukan untuk kalian yang serius dalam membuat video berkualitas. Meskupin bentuknya terlihat lebih besar dari daftar mikrofon di atas, nyatanya BOYA BY-MM1 hanya memilki berat 86 gram saja.

Selain itu BOYA BY-MM1 juga punya anti-shock mount untuk mengurangi getaran suara yang tidak diinginkan. terdapat juga furry windshield untuk meminimalisir suara angin.

5. Saramonic SmartMic Condenser Microphone.

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Dilihat dari bentuknya, Saramonic SmartMic terlihat cukup kecil dan ringkas. Tapi jangan salah, meskipun ukurannya mini, Saramonic SmartMic ini menghasilkan broadcast-quality sound yang dapat meningkatkan kualitas suara saat membuat video.

Saramonic SmartMic dilengkapi dengan compact capsule yang bisa diputar, sehingga kalian bisa mengaturnya darimana suara yang ingin di rekam.

6. Movo PM10.

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Seperti halnya Rode SmartLav+. Movo PM10 juga merupakan mikrofon berbentuk clip-on dengan kabel TRSS 3,5 mm sepanjang 1,2 meter. mikropon ini dapat langsung dihubungkan ke ponsel ataupun tablet. Selain bisa menangkap suara dari segala arah, mikrofon ini juga cukup ampuh dalam meredam suara echo.

7. Rode VideoMic Me. 

7 Mikrofon Smartphone Terbaik Untuk Suara Yang Lebih Bagus

Mikrofon smartphone terakhir  adalah Rode VideoMic Me. Mikrofon ini merupakan mikropon directional dengan polar pattern cardioid. Jadi suara yang di tangkan oleh mikrofon ini di fokuskan hanya pada arah tertentu.

Mikrofon ini sangat cocok untuk video vlog. Dengan deluxe furry windshield yang berguna untuk menghalau suara angin dan bising sehingga kualitas rekaman akan jauh lebih bagus.

Itulah 7 mikrofon untuk smartphone terbaik yang bisa kalian pertimbangkan untuk membuat suara pada video menjadi lebih jernih dan bagus.