-->

Banyak Yang Belum Tau, Inilah 5 Fungsi Keren NFC Yang Ada Pada Smartphone

Banyak Yang Belum Tau, Inilah 5 Fungsi Keren NFC Yang Ada Pada Smartphone


Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan yang harus di miliki. Mulai dari pelajar sampai pekerja peran Smartphone sangat di butuhkan. Apalagi pada saat pandemi seperti ini yang mengharuskan semua aktivitas di lakukan secara online mulai dari belajar mengajar hingga melakukan pertemuan penting.


Seperti yang kita tau, Smartphone kini tidak hanya di pakai untuk berkomunikasi saja. Banyak hal yang bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan Smartphone seperti bayar tagihan, memesan makanan dan lain-lain.


Selain itu, fitur pada Smartphone juga sangat beragam seperti wireless charging, NFC dan masih banyak lagi lainnya. Pada kesempatan Kali ini kita akan membahas tentang fitur NFC pada Smartphone. Pasti dari kalian pernah mendengar istilah ini pada saat melihat spesifikasi pada sebuah Smartphone.


Lalu apa fungsi dari NFC sehingga beberapa produsen Smartphone menanamkan fitur ini pada produk mereka. Langsung saja kita simak pembahasan tentang 5 fungsi keren NFC Smartphone.


1. Melalukan Pembayaran Digital.


Meskipun saat ini banyak sekali metode pembayaran digital dengan menggunakan aplikasi. Namun pembayaran digital dengan menggunakan NFC masih cukup populer. Dengan melakukan pembayaran dengan NFC pengguna smartphone dapat melakukan pembayaran digital dengan mudah dan aman.


NFC memungkinkan kalian untuk menyimpan data kartu kredit atau debit untuk mekalukan transaksi secara digital. Kita hanya perlu mendekatkan Smartphone pada mesin pembayaran untuk proses transaksi.


2. Konek WIFI Secara Otomatis.


Beberapa tempat nongkrong, hiburan ataupun hotel menyediakan alat yang namanya WiFi porter. Alat ini memungkinkan pengunjung untuk mengkoneksikan Smartphone mereka ke jaringan wifi. Jika menggunakan Smartphone dengan fitur NFC, kalian bisa langsung terkoneksi ke jaringan WIFI tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.


3. Menghubungkan Dua Perangkat Berbeda.


Selain kedua fungsi di atas, NFC juga  memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah menarik, yakni menghubungkan dua perangkat berbeda untuk saling mentransfer data. dua perangkat berbeda yang di maksud adalah, kalian bisa melakukan transfer file tidak hanya sesama smartphone saja.


Melainkan dengan perangkat lain seperti laptop, kamera mirrorless atau DSLR, perangkat audio, dan masih banyak lainnya, yang tentunya perangakt tersebut memiliki fitur NFC. Menghubungkan perangkat menggunakan NFC sangat mudah dan cepat. jadi kalian tidak perlu lagi menunggu pairing yang lama seperti menggunakan bluetooth.


4. Membuka Kunci Keamanan.


Fungsi ke-empat yang bisa di lakukan smartphone dengan fitur NFC ini sangat menarik dan keren menurut kami. Kebanyakan hotel moderen tidak menggunakan kunci konvensioanl lagi melainkan menggunakan sebuah kartu untuk membuka sebuah kamar.


Dengan NFC, kaian bisa menyimpan data dari kartu kunci tersebut sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi mencari kartu untuk membuka kamar tersebut. Tinggal tempelkan sensor NFC pada Smartphone makan secara otomatis kunci akan terbuka.


5. Mengecek Dan Mengisi Saldo e-Money.


Fungsi NFC yang terakhir ini kami rasa sangat berguna. Kartu e-Money kini banyak di gunakan oleh orang. sebut saja kartu tol yang mungkin sering di gunakan untuk akses masuk jalan tol. pastinya kita pernah ragu saat berada di gerbang tol apakah saldo kita mencukupi atau tidak. Dengan NFC, kita bisa mengecek atau mengisi saldo dari e-Money kita.


Sebenarnya masih banyak lagi fungsi dari NFC yang belum kami sebut. Namun melihat dari 5 fungsi NFC di atas sudah bisa meyakinkan kita kalau fitur ini sangat menarik dan patut kita coba jika Smartphone kita support fitur ini.